Lounge

Google Bayar Denda 2,8 Triliun Karena Melanggar Privasi Youtube Kids


Kabar terbaru tentang Youtube Kids yang diduga telah melanggar undang-undang perlindungan privasi anak-anak secara online (COPPA). Sebelumnya dibuatnya youtube kids ini sebagai platform yang aman bagi anak-anak, namun ternyata tidak membuat cukup aman bagi anak-anak.

Platform video streaming milik Google ini, dituding telah melakukan praktik pengumpulan data dan penargetan iklan. Informasi ini sebelumnya pernah dilaporkan oleh The Washington Post pada Juli lalu.

Menurut lama Politico denda yang diberikan FTC untuk Google berkisar 150 juta hingga 200 juta dolar AS. Untuk angka pastinya dari sanksi tersebut baru diumumkan pada pekan depan.

Google Bayar Denda 2,8 Triliun Langgar Privasi Youtube Kids

Denda yang diberikan kepada Youtube Kids ini karena perusahaan AS tidak boleh mengumpulkan data online dari anak berusia di bawah 13 tahun, baik yang berdomisili di AS maupun luar negeri.

FTC tak merinci bagian mana saja dari aturan itu yang dilanggar oleh Google, ataupun seperti apa mekanisme pengumpulan datanya.

Dalam perkembangan terbaru, sumber internal mengatakan bahwa Google setuju membayar settlement dengan nilai antara 150 juta dollar AS (Rp 2,1 triliun) hingga 200 juta dollar AS (Rp 2,8 triliun) sebagai penyelesaian kasus ini.

Perlu kamu ketahui, sejak hadirnya Youtube Kids telah ditonton oleh 70 miliar orang di seluruh dunia. Youtube kids berhasil menduduki peringkat 5 terbaik dalam kategori aplikasi anak di seluruh dunia di Play Store maupun App Store.

Youtube Kids menyajikan beragam konten khusus anak-anak. Di Indonesia sendiri, Youtube Kids berkerjasama dengan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia dengan meluncurkan konten Dongeng.

Dongeng Yuk ini menghadirkan cerita rakyat dari berbagi daerah di Indonesia. Terdapat 34 cerita rakyat dari 34 provinsi di Indonesia dengan pengisi cerita oleh 34 tokoh kenamaan tanah air.

Hebatnya Youtube kids dibekali fitur timer, search on/off, blocking dan parent approved mode. Dimana fitur tersebut memungkinkan orang tua untuk memfilter konten terbaik untuk anaknya.

Wah, semoga cepat selesai yah kasusnya dan jangan diulangi kesalahan nya. Nantikan update berita lainnya bersama kami di GizTech.

Our Rating

Informatif
Berita Terbaru

Total Rating

Google Bayar Denda 2,8 Triliun Karena Melanggar Privasi Youtube Kids

User Rating: Be the first one !

Tags

Mas Awan

Ambil Risiko, Bermimpi Lebih Besar, dan Berharap Besar Berhenti Menyalahkan Segalanya.
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker