Lounge

Berikut Daftar Kecepatan Internet Operator Seluler di Indonesia


Operator Seluler di Indonesia – Pada jaman sekaran internet adalah termasuk hal yang penting buat semua orang. Karena semua smartphone sekarang terhubung ke internet mulai dari media sosial, bermain game atau streaming.

Internet yang lemot akan menjadi penghambat kita dalam melakukan sesuatu dan itu pasti sangat menyebalkan. Di Indonesia sendiri operator seluler yang menyediakan internet sudah banyak sekali.

Namun, tidak semuanya memiliki internet yang stabil dan cepat hampir diantaranya memiliki jaringan yang lemot. Nah, maka dari itu disini GizTech akan memberikan daftar kecepatan internet dari beberapa operator seluler terbesar di Indonesia.

Berikut Daftar Kecepatan Internet Operator Seluler di Indonesia

kecepatan-internet-di-indonesia

Untuk melihat daftar kecepat internet dari operator seluler di Indonesia maka kami akan melakukan riset. Nah, perusahaan riset jaringan mobile Open Signal merilis hasil penelitian terbaru berjudul “Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Juli 2019” untuk wilayah Indonesia.

Di dalamnya, Open Signal antara lain menjabarkan kecepatan internet dari lima operator seluler Tanah Air, yakni Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, Telkomsel, dan Hutchinson Tri (3).

Telkomsel muncul sebagai operator yang mencatat speed download dan upload tertinggi secara nasional berdasarkan hasil uji Open Signal. Kecepatan unduh rata-rata di jaringan Telkomsel mencapai 9,8 Mbps.

Kecepatan pengunduhan di jaringan internet Telkomsel lebih cepat sekitar 2,4 Mbps dari XL yang menduduki posisi kedua dalam hal ini. Untuk upload, kecepatan rata-rata yang diraih Telkomsel adalah 3,7 Mbps, bersaing ketat dengan XL yang mencatat 3,4 Mbps di posisi kedua.

Urutan ketiga, keempat, dan kelima masing-masing ditempati oleh Tri (5,2 Mbps download/ 3,2 Mbps download), Indosat (4,8 Mbps download/ 2,5 Mbps upload), dan Smartfren (4,5 Mbps download/ 1,2 Mbps upload).

kecepatan-unggah-di-indonesia

Riset Dilakukan di 16 Kota Besar Indeonesia

Riset Open Signal ini dilakukan di 16 kota besar di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Medan, Palembang, Bandar Lampung, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Batam.

Pengumpulan data untuk “Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Juli 2019” melibatkan sebanyak 3,3 juta perangkat dalam periode waktu 1 Februari hingga 1 Mei 2019.

Telkomsel turun, Smartfren, Indosat, dan XL naik Telkomsel menjadi operator dengan raihan nilai tertinggi untuk empat dari lima parameter pengukuran yang diujikan, yakni kecepatan download, kecepatan upload, latency, dan pengalaman video.

Open Signal mencatat bahwa kecepatan unggah Telkomsel mengalami penurunan sebesar 1 Mbps dalam waktu 6 bulan terakhir. Sementara upload speed Indosat, Smartfren, dan XL mencatat kenaikan minimal 0,5 Mbps dalam periode waktu yang sama.

Dalam jangka waktu tersebut, kecepatan unduh Smartfren tercatat turun sebesar 1,8 Mbps. Padahal, sebelumnya operator ini sempat menjuarai uji download di laporan Open Signal untuk Juni 2018.

Nah, diatas itulah riset yang dilakukan Open Signal untuk mengukur kecepatan internet operator seluler di Indonesia. Jadi telkomsel masih yang nomer 1 yah buat internetan kedua XL dan di susul kartu 3.

Our Rating

Informatif
Kecepatan Internet

Total Rating

Berikut Daftar Kecepatan Internet Operator Seluler di Indonesia

User Rating: 5 ( 2 votes)

Tags

Mas Awan

Ambil Risiko, Bermimpi Lebih Besar, dan Berharap Besar Berhenti Menyalahkan Segalanya.
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker