Tips

Cara Cek IMEI Smartphone Di Situs Kemenperin


Cek Status IMEI – IMEI adalah sebuah nomor identitas unik, yang diregistrasikan untuk setiap slot kartu SIM pada ponsel. GSM Association berwenang dalam mengeluarkan nomor tersebut, untuk semua produsen ponsel.

Saat ini banyak ditemukan ponsel yang memiliki slot SIM card ganda, itu artinya ponsel tersebut juga memiliki dua nomor IMEI yang berbeda.

Sebelum ponsel-ponsel yang diproduksi dijual di Indonesia, maka nomor IMEI dari masing-masing ponsel akan di data, dan didaftarkan ke Kementrian Perindustrian.

Kemenperin Akan Blokir Ponsel Ilegal Dengan Validasi IMEI

Cara Cek IMEI Ponsel
Cara Cek IMEI Ponsel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag), sedang mempersiapkan peraturan baru, terkait penjualan dan penggunaan ponsel ilegal.

Ketiganya sedang mempersiapkan aturan, untuk memblokir ponsel-ponsel ilegal, dengan memanfaatkan validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Pihak Kemenperin sudah mengumpulkan semua nomor IMEI dari ponsel resmi, yang mereka dapatkan dari database.

Pemblokiran ponsel-ponsel ilegal, akan dibantu dengan sebuah sistem identifikasi ponsel ilegal, yang telah mereka kembangkan sebelumnya. Sistem tersebut diberi nama DIRBS (Device Identification, Registration, and Blocking System).

Pihak Kemenperin hanya tinggal menunggu data MSISDN(mobile subscriber integrated services digital network number) dari pihak operator selular.

Sama seperti IMEI, MSISDN merupakan nomor identitas SIM Card, yang berguna untuk mengidentivikasi nomor kartu SIM, ketika pengguna melakukan aktivasi nomor SIM Card.

Operator selular hanya perlu memasang aplikasi pada sistem mereka, yang akan mengecek keabsahan IMEI ponsel. Jika terdeteksi IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin, maka jaringan akan otomatis diputus.

Cara Cek IMEI Di Kemenperin

Cara Cek IMEI Smartphone
Cara Cek IMEI Smartphone

Aturan pemblokiran ini diharapkan sudah bisa berjalan pada pertengahan Agustus mendatang. Tapi sebelumnya, tidak ada salahnya jika kamu memeriksa, apakah IMEI ponsel kamu terdaftar di Kemenperin atau tidak.

Berikut ini GizTech akan beritahukan langkah-langkah cek status IMEI di situs Kemenperin.

  1. Siapkan nomor IMEI ponsel.
    Terlebih dahulu cek nomor IMEI ponsel kamu dengan menghubungi nomor *#06# melalui tombol dial. Cara lainnya, kamu bisa lihat IMEI ponsel pada kotak kardus dari ponsel milik kamu.
  2. Akses situs Kemenperin melalui ilnk ini www.kemenperin.go.id/imei.
  3. Masukan nomor IMEI ponsel pada kotak yang sudah tersedia.
  4. Detail IMEI ponsel kamu akan ditampilkan di bagian bawah, jika IMEI tersebut terdaftar di database Kemenperin.

Jika IMEI ponsel kamu tidak terdaftar di database Kemenperin, artinya kamu sudah membeli smartphone ilegal.

Untuk smartphone ilegal yang IMEI nya tidak terdaftar, jika peraturan ini sudah berjalan, maka jaringan ponsel tersebut akan diblokir. Sehingga ponsel tersebut tidak akan bisa menggunakan kartu SIM.

Bagi pembaca setia GizTech, silahkan dicoba tips yang sudah kami sampaikan, untuk mengetahui keabsahan IMEI smartphone kalian.

Rating

Informatif
Manfaat

Total Rating

Cek status IMEI smartphone kamu di situs Kemenperin, untuk memastikan kamu tidak membeli ponsel ilegal.

User Rating: Be the first one !

Tags

Mas Putra

Syukuri Yang Bisa Engkau Nikmati...
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker